CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Aset Jurnalistik Muda Kota Langsa

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 304
Kamis, 13 Februari 2014
Featured Image

[Kota Langsa|Danil]  “Siapa pun dapat menulis,” itulah ungkapan salah seorang santri Madrasah Ulumul Qur’an Langsa (07/02) usai mengikuti pelatihan Jurnalistik di Mushalla Madrasah Ulumul Qur’an Langsa. Hal ini membuktikan bahwasanya kemampuan menulis telah dimiliki oleh para santri, hanya saja mereka belum memiliki media untuk menyalurkan bakat dan kemampuan mereka.Misalnya saja prestasi yang mereka raih namun tidak pernah dipublikasikan kemasyarakat.

Berawal dari niat menginformasikan kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan Madrasah, Danil dan beberapa pengurus OSMUQ-PA/PI  Madrasah Ulumul Qur’an Langsa Periode 2013-2014 tergerak untuk membuat sebuah acara sosialisasi Jurnalistik di Madrasah Ulumul Qur’an Langsa. Jika sebelumnya Pengurus OSMUQ hanya menggunakan media Mading (majalah dinding) yang ada di Madrasah, kini mereka sudah bisa mempublikasikan setiap kegiatan di madrasah ini.

“Kita (jurnalistik -red) harus mengikuti perkembangan zaman, kalau dulu mungkin publikasi hanya melalui media tulis, cetak, dan lain-lain, tapi sekarang kan juga bisa dari internet. Bisa dilihat orang dimana saja, dari mana saja, dan kapan saja," ungkap Danil saat memberi materi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Mushalla Madrasah Ulumul Qur’an Langsa. setelah selesai shalat isya para santri yang tergabung dalam OSMUQ Putra dan Putri serta Pramuka L-05 dan L-06 berkumpul untuk mengikuti pelatihan. Agenda pertama yaitu penyampaian materi tehnik menulis berita dan cara-cara pengambilan foto atau fotografi, setelah itu, pemateri jaga menyampaikan tata cara pengiriman berita untuk diekspose sesuai Kode Etik media yang ada. Beberapa berita yang pernah ditulis Santri “Aneka Perlombaan warnai HUTPGRI Ke-68 di Madrasah Ulumul Qur’an Langsa” dan “Kenduri Yatim, Bhakti SosialPramuka L-06 Putri Madrasah Ulumul Qur’an Langsa, Serah terima Jabatan OSMUQ 2013-2014 dan MUQ Langsa: Zikir Bersama Memperingati Maulid”.

Setelah kegiatan ini diharapkan para santri dapat meningkatkan bakat dan kemampuan mereka dalam hal menulis serta dapat memberikan kontribusi kepada publik. [y]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh