Senin, 19 Maret 2012, 14:34 –
65 PNS Ikuti Ujian Kedinasan

Banda Aceh-KemenagNews (19/3/2012)

Sejumlah 65 orang PNS di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Aceh mengikuti Ujian Kedinasan, yaitu Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) dan Ujian Dinas (UD) Periode April 2012.

“Setelah sempat tertunda beberapa waktu yang lalu karena keterlambatan anggaran, maka ujian UPKP dan UD periode April 2012 ini dapat dilaksanakan mulai hari ini, Senin 19 Maret sampai dengan Kamis, 22 Maret 2012,” ungkap Zulfahmi, salah seorang panitia pelaksana ujian Tingkat Provinsi Aceh.

Zulfahmi menjelaskan, dari 65 orang peserta yang mengikuti ujian kali ini, 13 orang diantaranya adalah Pegawai Administrasi yang mengkitu Ujian Dinas dari Gilongan II/d ke III/a.

Sedangkan yang mengikuti ujian persamaan ijazah S-1 (Tingkat III) sejumlah 43 orang, umumnya adalah para guru. Ujian Persamaan Tingkat II diikuti oleh para PNS yang lulus dari formasi honorer, yaitu 1 orang penyesuaian Ijazah Diploma, dan 8 orang penyesuaian ijazah dari SMP ke SMA.

Dalam ujian yang berlangsung selama empat hari ini, setiap peserta harus menyelesaikan sejumlah soal dan mempresentasikan makalah dihadapan penguji. “Ini khusus untuk penyesuaian Ijazah S1, kalo yang ujian tingkat II tidak ada makalahnya,” ungkap Zulfahmi.

Beberapa materi ujian UPKP adalah sebagai berikut : Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Kebijakan Pemerintah, Pengetahuan Teknis, Tes Kepribadian, Minat dan Bakat.

Untuk Ujian Dinas materinya antara lain: UUD 1945, Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pembangunan, Peraturan Perundang-undangan Kepegawaian, KORPRI, Tugas Pokok, Fungsi da Struktur Organisasi Kemenag, Sejarah Indonesia, Pengetahuan Perkantoran dan Peranan Agama dalam Pembangunan.

Zulfahmi menambahkan bahwa pada ujian kali ini tidak ada pejabat yang naik dari golongan III/d ke IV/a. Untuk para pejabat ini, materi tambahan yang diujiankan adalah Teori Kepemimpinan, Fungsi Manajemen, Perkembangan Politik dalam Negeri, Ekonomi dan Pembangunan, Perkembangan Politik Luar Negeri serta seminar Kertas Kerja.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.013727 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1438513
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.