Sabtu, 7 September 2013 –
Sosialisasi Beasiswa Taiwan Di IAIN Ar-Raniry

Banda Aceh-KemenagNews (7/9/2013) Sejumlah mahasiswa Aceh yang melanjutkan pendidikannya Taiwan melakukan sosialisasi model pendidikan di kampus yang ada di Taiwan. Hal itu dilakukan oleh mahasiswa Aceh yang kuliah di Taiwan yang tergabung dalam ‘Ranup Lampuan’.

Zikrayanti, salah seorang mahasiswa Aceh dari National Chung Hsing University usai melakukan sosialisasi beasiswa ke Taiwan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Ar-Raniry (5/9) mengatakan, kegiatan ini merupakan ide-ide dari ‘Ranup Lampuan’ untuk memberikan informasi kesempatan beasiswa kepada generasi muda Aceh.

“Kegiatan ini merupakan ide-ide dari kemunitas ‘Ranup Lampuan’ yang disesain dan dilaksanakan dendan suka rela di kampus yang ada di Aceh, IAIN Ar-Raniry, Unsyiah, Pemda Pidie, Radio di Aceh dan beberap kampus lainnya yang ada di Aceh,” Kata Zikra.

Dia menambahkan, kegiatan ini sudah menjadi program tahunan, kerja sama ‘Ranup Lampuan dengan Elite Study In Taiwan (ESIT), dan Esit juga telah membangun hubungan kerjasama sejak 2007 silam.

Lebih lanjut dikatakan, ESIT merupakan lembaga dibawah pemerintahan Taiwan yang bertugas untuk mempromosikan beasiswa di kampus-kampus yang ada di Taiwan, pada Oktober atau November 2013 mendatang kembali akan dilaksanakan Expo Study In Taiwan kerja sama LPSDM (Lemabaga Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) Aceh dengan ESIT.

“Ini program tahunan, tahun lalu di laksanakan di gedung Dayan Dawood, dan ke depan akan dipilih tempat lain, dan kemungkinan dapat dilaksanakan juga di kampus IAIN Ar-Raniry,” ujar Zikra.

Pada sosialisasi itu, juga hadir beberapa mahasiswa Aceh yang sedang sudi di Taiwan, diantaranya Muslim Daud dari National Taichung of Education, Maskur dari National Taiwan University Sain & Technology, Desi Masyitah dari National Cheng Chi University dan Fitriani dari National Chengkung University.

Kata Zikra, saat ini sudah seratusan mahasiswa dari Aceh sedang studi di Taiwan, sebagian besar beasiswa pemerintah aceh, dan selebihnya melanjutkan studinya dengan measiswa kampus yang mengutusnnya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. A. Rani, M.Si menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi yang berminat melanjutkan kuliahnya di luar negeri khususnya di Taiwan.

“Bagi mahasiswa IAIN pada umumnya, akan diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidkannya ke Taiwan baik ditingkat magister maupun doktor, kami siap memberikan rekomendari dan memperjuangkan,” ujar Rani.

Ditambahkan, pihaknya telah membicarakan hal ini dengan Pimpinan IAIN Ar-Raniry, dan sedang mengupayakan Expo Study In Taiwan 2013 akan dilaksanakan di Kampus IAIN Aceh, dan “Bagi mahasiswa yang berminat agar mempersiapkan diri dari sekarang,” [Nat/y]

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.046360 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 837885
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.