Rabu, 21 Agustus 2013, 21:33 – Bidang Haji & Umroh
Gubernur Lantik PPIH Aceh 2013

Banda Aceh-KemenagNews (21/8/2013) Gubernur Aceh yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs. T. Setia Budi melantik PPIH (Panita Penyelenggara Ibadah Haji) Aceh Tahun 2013 M/1434 H (pagi Rabu, 21/8) di Aula Utama Asrama Haji Banda Aceh.

Hadir dalam acara 14 Syawal 1434 Hijriyah, selain Direktur Pelayanan Ibadah Kementerian Agama Pusat, Ibu Sri Ilham Lubis, juga para SKPA dan jajaran Kanwil Kemenag Aceh.

Dalam laporannya, Kakanwil Kemenag Aceh, Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd, yang baru tiba sebelumnya dari Jakarta dalam rangka penandatangana MoU MAN Cendekia Idi Cut, mengulangi bahwa sampai kini, sejumlah persiapan untuk pemberangkatan dan pemulangan Jamaah Haji Tahun 2013 M / 1434 H, telah dilakukan, di antaranya:

a. Melakukan Rekrutmen Petugas TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) dan TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia);b. Melakukan Pembinaan kepada Petugas TPHI, TPIHI, TKHI (TIm Kesehatan Haji Indonesia), dan Paramedis;c. Melaksanakan Rakor Penetapan dan Pemantapan Kloter Penyusunan dan Penetapan Petugas untuk masing-masing kloter dan jadwal pemberangkatan;d. Melakukan Pembinaan dan Pemantapan Manasik Haji terhadap Jamaah Haji di Kabupaten/ Kota.

Selain itu, Kemenag Aceh juga telah melakukan persiapan-persiapan menyangkut pembenahan Asrama Haji, Akomodasi, Katering, Sanitasi dan Perlengkapan lainnya demi meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji.

Dalam kesempatan yang juga mendapat arahan dari Direktur, yang hadir selain untuk pelantikan PPIH, juga untuk melihat langsung kesiapan Embarkasi Banda Aceh dalam rangka pemberangkatan Jamaah Haji Aceh ke Arab Saudi, yang akan dimulai pada tanggal 27 September 2013 mendatang.

Selain itu juga Direktur, Gubernur, Kakanwil dan jajarannya, serta pers ikut mengikuti meal test yaitu catering makanan bagi jamaah haji.

Dalam sisi lain penyampaian laporannya, Kakanwil menyatakan, bahwa menyangkut dengan dana RKA-KL Tahun 2013 yang berjumlah Rp.10.000.000.000 (sepuluh milyar rupiah) untuk pengembangan dan renovasi Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh sudah sampai pada proses Pelelangan Perencanaan dan Pengawasan, Alhamdulillah, kegiatan dimaksud dalam waktu dekat ini akan kita laksanakan proses tender, diperkirakan awal bulan September 2013.

Bahwa Pemerintah Daerah telah membantu pengembangan dan rehabilitasi Asrama Haji tahun 2013 ini yang berjumlah Rp. 2.000.000.000 (dua milyar) sebagai dana tambahan yang dianggarkan oleh Kementerian Agama RI.

Akhirnya, Gubernur yang diwakili Setda melantik PPIH sekaligus memberikan bimbingan dan arahan. Arahan juga disampaikan Direktur pelayanan Ibadah Kemenag RI. [akhyar/yakub]

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.141695 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1435782
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.