Selasa, 25 Juni 2013, 10:25 –
Awali Kerja dengan Tata Persuratan dan Penataan Arsip Dinamis

Banda Aceh-KemenagNews (25/6/2013) Dalam rangka pelaksanaan DIPA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh tahun 2013, Subbag Umum Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Orientasi Pembinaan Tata Persuratan Dinas dan Penataan Arsip Dinamis Angkatan I tahun (22-24/6).

Acara yang dibuka Kabid Madrasah, Drs. Efendi, M.Si, atas nama Kakanwil Kemenag Aceh, yang berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, diikuti oleh 80 peserta dari jajaran Kanwil dan Kankemenag Kabupaten/Kota, termasuk utusan MI dan MA.

Menurut Ketua Panitia, Zulfahmi, S.Ag, acara tiga hari yang digelar bersamaan dengan acara Dialog Intern Umat Beragama oleh Subbag Hukum dan KUB itu, bertujuan untuk mewujudkan tata kelola persuratan dan arsip yang taat azas di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Pembukaan acara dihadiri juga antara lain oleh Kabid PD dan Pontren, H. Abrar Zym, S.Ag dan para Kasubbag dan Kasi.

Atas nama, Kakanwil Efendi, M.Si, dalam sambutanya mengatakan bahwa, “Orientasi seperti ini sangat diperlukan untuk Kementerian Agama Provinsi Aceh, agar tata persuratan dan arsip menjadi teratur dan dinamis. Semua harus diatur dan tertata. Minum obat saja ada, tatanya, kalau tidak bisa cara, bisa celaka,” tamsil Efendi.

Lebih lanjut, kata Pak Pen (sapaan untuk H. Efendi), “Jangan sampai Kementerian Agama Provinsi Aceh dibuat malu akibat kesalahan tata persuratan dan arsip yang tidak teratur. Maka harapan kami keseriusan kita dalam bekerja , diawali dari tata persuratan dan arsip dinamis. Ke depan menjadi lebih baik kinerja kita, jangan sampai kita dibuat malu di kancah Nasional. Kita dalam tahun yang lalu tingkat pendidikan kita berada di bawah standar nasional, yang ‘hebatnya’ lagi kita berada di bawah Irian Jaya.”

“Selama ini kita selalu bekerja ‘serius’ tapi hasilnya pura-pura, sedangkan bintang film bekerja ‘pura-pura’ tapi ‘serius’,” urai Kabid Madrash itu lagi di acara yang diawali dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Ustadz Suherman TMS (Qari dan muazzin Masjid Raya Baiturrahman).

Kakanwil mengajak kita untuk bertaubat, jangan sampai kita malu lagi untuk hari-hari ke depan. Semoga ke depan tata persuratan dan arsip kita dinamis dan taat azas.

Dalam acara tersebut juga dihadiri narasumber dari Jakarta, Nina Rubiati,S. Pd,M. Pd dan Herniaty, S.Kom dan narasumber dari Kanwil kemenag Provinsi Aceh (Drs. Mardin), mengenai Penataan Indeks Surat Dinas di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Acara tersebut berjalan sukses dan acara hingga penutupan, yang ditutup Senin oleh Ketua Panitia, Zulfahmi, S.Ag, yang juga mantan Staf Subbag Ortala dan Kepegawaian Kanwil. [juanda/yakub]

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.104735 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1486929
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.