CARI
Rekomendasi Keywords:
  • Azhari
  • Kakanwil
  • Hari Santri
  • Halal
  • Islam
  • Madrasah
  • Pesantren

Ini Dia Juara KSM Aceh, Juara I ke Pontianak

Image Description
Inmas Aceh
  • Penulis
  • Dilihat 1501
Kamis, 28 Juli 2016
Featured Image

[Banda Aceh | Yakub]  Para juara yang yang telah berkompetisi, diharapkan dapat lebih mempersiapkan diri, terutama yang dipastikan berangkat ke ajang Nasional, guna mengharumkan nama Aceh, jelang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) V Nasional di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Kami berharap pada guru-guru, dapat mempersiapkan lagi anak-anak untuk diberangkan ke KSM Nasional nanti," ajak Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov Aceh Drs HM Daud Pakeh saat membuka acara di MAN Model Banda Aceh.

"Hari ini anak-anak kami yang berhasil kita mengucapkan syukur alhamdulillah, karena anak-anak kami yang juara satu akan berangkat ke Pontianak mewakili Aceh. Insya Allah kalau di sini juara satu, di sana juga kita bawa pulang juara. Maka teruslah berlatih," tambah Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Aceh Drs H Efendi MSi, saat penutupan pada lokasi dan hari yang sama, Selasa (26/7). Banda Aceh raih Juara Umum, dalam acara seharian itu.

"Sang juara I akan diberangkan ke ajang KSM Nasional di Pontianak sejak 23-27 Agustus. Bagi anak didik kami selaku peserta dapat siapkan diri," kata Khairul Azhar SAg, saat laporan pembukaan, yang dibuka resmi Drs HM Daud Pakeh. 

Dalam laporannya Khairul Azhar, yang juga Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan di Bidang Penmad, sampaikan bahwa ajang KSM ini merupakan tahapan menuju KSM V di Pontianak.

Panitia juga sampaikan terima kasih pada semua pihak, pada MAN Model selaku tuan rumah, juga pada pihak-pihak yang mendonasinya. Sambutan Kakanwil Kemenag Aceh, setelah laporannya, sekaligus membuka dengan resmi acara sehari itu.

"Kali ini, ada 253 peserta yang ikut, yang berasal dari 22 Kankemenag Kabupaten/Kota, kecuali Simeulue yang berhalangan. Kankemenag Kota Sabang juga kirim MI dan MTs saja," sambungnya, di hadapan Kakanwil, Kabid Penmad, pejabat BDK Aceh, Kakankemenag Banda Aceh Drs H Amiruddin Husen MA, Kakankemenag Aceh Besar Drs H Salahuddin MPd, unsur dosen UIN dan Unsyiah, para Kasi Penmad, Kasi Pendis se Aceh, Kepala Madrasah, Guru, Tim Pengawas/Pemeriksa, peserta, Komite, dan undangan.

MI

Sesuai SK Tim Juri (Pemeriksa/Pengawas) yang diketuai Yusran MPd, dan dibacakan Panitia, maka untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), masing-masing Juara I, II, dan III Bidang Studi Matematika diraih oleh Hasri Fayadh Muqaffa (MIN Lambaro) Aceh Besar, Khalil (MIS Tunas Cendikia) Aceh Barat, dan Dian Islami (MIN Bireuen) Bireuen.

Serta Bidang Studi IPA dimenangkan M Arkaan Milzam (MIN Model) Banda Aceh, Fania Shella Farahma (MIN Bukit Baro I) Aceh Besar, dan Ulya Mazna (MIN Matang Glumpang Dua) Bireuen, untuk Juara I, II, dan III.

MTs

Jenjang Madrasah Tsanawiyah, Bidang Studi Matematika, diraih M Hamlul Khair (MTsN Model/MTsN 1) Banda Aceh, T Nilnalyusi (MTsN Model) Banda Aceh, dan Keefi Kienan (MTsS Jeumala Amal Lueng Putu) Pidie Jaya (Pijay), untuk Juara I, II, dan III.

Juara I, II, dan III Bidang Studi Biologi dimenangkan Muhammad Farhan (MTsN Model) Banda Aceh, M Zahrul Rahmatillah (MTsN Model) Banda Aceh, dan T Fathan Azi (MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan Indrapuri) Aceh Besar.

Sedangkan Bidang Studi Fisika dimenangkan untuk masing-masing juara I sampai III, M Nurul Hadi (MTsN Model) Banda Aceh, Ahlul Ramadhana (MTsS Tgk Chiek Oemar Diyan) Aceh Besar, dan Cut Riza Ummami (MTsN Model) Banda Aceh.

MA

Sementara untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Bidang Studi Matematika, Juara I hingga III, diraih Faisal (MAN Model/MAN 1) Banda Aceh, Siti Mawaddah (MAS Yapena) Kota Lhokseumawe, dan Chaidir Fajri (MAS Jeumala Amal) Pijay.

Bidang Studi Biologi, Juara I, II, dan III untuk Nadia Wulandari (MAN Model) Banda Aceh, Nanda Putri Nabila (MAN Sibreh di Samahani) Aceh Besar, dan Nada Ariqah (MAN Model) Banda Aceh.

Bidang Studi Fisika, Juara I, II, dan III ialah Nanda Anshar (MAS Jeumala Amal) Pijay, Syarifah Huriyah (MAS Misbahul Ulum Paloh) Kota Lhokseumawe, dan Siti Rahmah Ulfa (MAS Jeumala Amal) Pijay.

Bidang Studi Kimia, dimenangkan Kasmawati (MAN Blangkejeren) Galus, Zarra Nurul Arifa (MAN MOdel) Banda Aceh, dan Muharram Alfaridzi (MAN MOdel) Banda Aceh, sebagai Juara I, II, dan III.

Bidang Studi Ekonomi, diraih oleh Putri Maulidar (MAN Model) Banda Aceh, Aulia Rizki (MAS Jeumala Amal) Pijay, dan Zhafira Alya Miftach (MAN Model) Banda Aceh untuk Juara I, II, dan III.

Serta Bidang Studi Geografi, masing-masing Juara I hingga III ialah Putro Ilmia (MAS RIAB) Aceh Besar, Cut Ulfa Fadhillah (MAN Model) Banda Aceh, dan Anisa Fujianti (MAN Peusangan) Bireun.

Nanti, peserta KSM Nasional, siswa dan siswi madrasah tingkat MI, MTs, dan MA yang berasal dari seluruh provinsi Indonesia (33 provinsi) dan masih terdaftar sebagai siswa/i pada saat pelaksanaan KSM. Perwakilan tiap propinsi terdiri dari 1 siswa per mata pelajaran yang dilombakan untuk setiap tingkat.

Pada 2015, KSM ke 4, juga dipadukan dengan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (Aksioma), LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), dan Ekspo Madrasah Nasional serta Marasah Singer, dan digelar di Wisma Atlit Jakabaring, Palembang, Agustus usai lebaran, tahun lalu.  Selamat.... []



[Juara dari MAN Model Banda Aceh, yang berhasil menyabet tiga gelar juara dari enam cabang yang dilombakan]

Tentang
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh adalah unit vertikal Kementerian Agama di provinsi dan membawahi beberapa kantor kementerian agama di kabupaten dan kota.
Alamat
Jalan Tgk. Abu Lam U No. 9 Banda Aceh 23242
Lainnya
Media Sosial
© 2023 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
Oleh : Humas Kanwil Aceh